Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Rakyat Filipina Sukai Presiden Duterte Karena Tegas dan Keras

Manila – Sebuah jajak pendapat di Filipina, menempatkan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dalam peringkat “sangat baik” pada 90 hari pertama masa kerjanya sebagai presiden. Peringkat ini diperoleh Duterte terkait kebijakan perang melawan narkoba dan keberaniannya terhadap para pemimpin Barat.

menurut jajak pendapat tersebut hanya 11 persen dari 1.200 warga Filipina yang disurvei  badan Social Weather Stations (SWS) yang mengaku tidak puas atas kinerja sang presiden.

Dengan demikian tingkat kepuasaan terhadap sang presiden mencapai angka 64 persen. Hal ini menjadikan presiden Duterte berada pada peringkat yang lebih baik ketimbang para pendahulunya seperti Benigno Aquino, Joseph Estrada hingga Gloria Macapagal Arroyo.

Sebuah survei serupa yang dilakukan lembaga Pulse Asia pada masa 30 hari berkuasanya Duterte menyebutkan bahwa sang presiden mendapat angka kepercayaan hingga 91 persen dari masyarakat.

Laman Antaranews.com menyebutkan bahwa Duterte memenangkan Pemilihan Presiden 9 Mei lalu dengan selisih suara besar setelah berjanji memperluas kampanye pemberantasan kejahatan yang sudah dia rintis sejak menjadi Wali Kota Davao sehingga dia digelari “Si Penghukum” dan “Duterte Harry” sebuah julukan yang diplesetkan dari judul film Dirty Harry yang dibintangi Clint Eastwood.

Analis politik Nelson Navarro menyebut survei SWS itu sebagai bukti rakyat Filipina merasa lebih aman karena Duterte menepati janjinya untuk perang melawan kriminal dan narkotika yang sejauh ini sudah menewaskan 3.400 orang.

“Sikap kerasnya telah membuatnya populer di seluruh penjuru Filipina,” kata Navarro seperti dikutip Reuters.(Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *