Advokasi Berita Daerah HIV/AIDS

Radio Komunitas Libatkan Populasi Kunci Sebagai Narasumber

Semarang – Kelompok Advokasi Kebijakan Napza di Semarang, PERFORMA, menjadi salah satu narasumber tetap dalam siaran radio komunitas bersama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Tengah, Forum LSM Semarang dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Siaran dimulai sejak bulan Mei lalu, dan perwakilan dari komunitas pengguna napza ditunjuk menjadi narasumber untuk materi siar terkait dengan napza dan HIV.

Evaluasi proses siaran dilakukan setiap akhir bulan, ditujukan untuk meningkatkan kualitas pada bulan berikutnya.

“Kendalanya ada pada pendeknya durasi siaran, padahal animo pendengar sangat tinggi dan penuh antusias,” ungkap Waris Triyanto, pimpinan salah satu radio komunitas mitra KPAP Jawa Tengah pada napzaindonesia.com.

Siaran yang berlangsung selama seminggu sekali ini, selain menghadirkan narasumber dari komunitas pengguna napza, juga melibatkan komunitas lain yang beresiko terinfeksi HIV.

Selain evaluasi, perencanaan jadwal siaran juga dilakukan pada pertemuan bulanan kali ini di sekretariat KPAP Jawa Tengah, Kamis (30/6).

“Untuk bulan Juli, tema siaran adalah Hak Dasar Populasi Kunci. Komunitas merupakan populasi kunci, dan dengan melibatkan populasi kunci, harapannya pendengar dapat mengetahui secara langsung dari sumber yang dapat dipercaya,” ujar Very, koordinator siaran radio komunitas yang merupakan staf KPAP Jawa Tengah. (Yan/IH)