Berita Nasional Kebijakan Nasional

Putusan MK, Pemerintah Diwajibkan Menyediakan Tempat Khusus Merokok

Jakarta – dalam putusan uji materi Pasal 115 ayat (1) dan penjelasannya atas Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan dari pemohon atas disediakannya tempat khusus merokok.

Hal ini disampaikan Ketua Hakim MK saat membacakan putusan sidang pada Selasa (17/4) yang menyatakan bahwa pemerintah diwajibkan untuk menyediakan tempat khusus merokok dan kawasan tanpa rokok di tempat kerja, tempat umum dan tempat-tempat lainnya.

Dalam pertimbangan putusan untuk menyediakan kawasan tanpa rokok, Hakim MK Hamdan Zolva membacakan pertimbangan Mahkamah tentang perlunya pengamanan terhadap zat adiktif pada masyarakat.

Menurut pandangan MA, hal ini merupakan sebuah langkah tepat untuk memberi bentuk perlindungan kepada masyarakat dan lingkungan.

Selain itu, putusan tentang disediakannya area khusus merokok dirasa dapat mengakomodasikan kepentingan perokok. Kedua putusan ini dianggap dapat mengakomodir kepentingan kedua belah pihak, baik masyarakat yang tidak merokok maupun perokok. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *