Berita Internasional Kebijakan Global

Puluhan Jaksa Federal Meksiko Mengundurkan Diri

Meksiko

Mexico City – Kantor Kejaksaan Agung Meksiko, Senin (1/8) mengumumkan pengunduran diri jaksa-jaksa federal 21 dari 32 negara bagian di tengah-tengah meluasnya pembersihan di departemen itu.

Jaksa Agung Marisela Morales dalam satu pernyataan segera setelah “pembersihan penting dl jajaran Kantor Kejaksaan Agung (PGR) untuk menampung tuntutan masyarakat.

“Penguduran diri itu diajukan pada 29 Juli,” kata Rosa Elena Torres, koordinator kantor itu dalam satu pengumuman dan tanpa menjelaskan lebih jauh.

Diantara mereka yang mengundurkan diri itu adalah para jaksa federal untuk Mexico City serta negara-negara bagian Michoacan, Tamaulipas dan Coahuila. beberapa diantara negara-negara bagian yang paling rusuh selama ini.

Kantor Kejaksaan Agung Meksiko bertanggung jawab bagi penyelidikan tindak kejahatan utama termasuk perdagangan narkotika, kejahatan yang terorganisasi dan perdagangan senjata.

Selama ini sistem peradilan di Meksiko dikecam luas karena angka pembebasan dari hukuman meningkat 90 persen di sebuah negara dimana jumlah orang bunuh diri mencapai angka tinggi lebih dari 24.000 orang tahun 2010.

Menurut kantor berita AFP, Marales melakukan satu pembersihan sejak berkuasa April termasuk memecat 462 pejabat dari jabatan-jabatan mereka dan menuduh 111 pejabat teribat tindak pidana seperti penggelapan, perampokan dan penyalahgunaan kekuasaan.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *