Berita Nasional Hukum

PTUN Tunda Sidang Gugatan Granat Atas Grasi Corby

Jakarta – Sidang pembacaan gugatan perlawanan penggugat dan jawaban tergugat mengenai grasi Presiden terhadap Schapelle Leigh Corby pada Rabu (1/8) ini ditunda pelaksanaannya.

Bambang Heriyanto selaku Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Jakarta Timur, memutuskan menunda sidang karena pihak pemerintah yang merupakan pihak terlawan tidak hadir dalam persidangan hari ini.

“Sidang ditunda hingga 8 Agustus 2012,” kata Bambang seperti diberitakan Tempo.co.

Dalam persidangan yang dimulai pukul 10.30 WIB ini, majelis hakim menawarkan tim kuasa hukum pihak penggugat yaotu Gerakan Nasional Anti-Narkotika (Granat) untuk memilih apakah sidang akan ditunda atau dimulai tanpa hadirnya tergugat.

Pengacara yang mewakili penggugat, Yusril Ihza Mahendra meminta majelis hakim menunda sidang karena berharap tergugat hadir.

Pada Mei lalu, melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 22/G dan 23/G Tahun 2012, Corby mendapat grasi atau pengurangan hukuman selama lima tahun.

Sebelumnya PTUN menolak gugatan yang diajukan oleh Granat terkait pemberian grasi Presiden SBY kepada Corby. Menurut hakim Yodi Martono Wahyunadi, grasi bukan wewenang PTUN namun adalah tindakan yudisial dan hak prerogatif presiden. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *