Berita Nasional

Program Rehabilitasi Perlu Ditingkatkan Sesuai Perkembangan Kebutuhan

Semarang – Program pemulihan adiksi NAPZA yang ada di masyarakat harus terus ditingkatkan karena kebutuhannya terus berkembang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Winarti.

“Pemerintah cukup memiliki komitmen dalam hal pemulihan pecandu narkotika dengan adanya Institusi Pemerintah Wajib Lapor (IPWL). Bahkan dari pihak BNN juga menyediakan institusi rehabilitasi di Lido,” ujarnya saat ditemui NapzaIndonesia, Senin (16/6).

Winarti memaparkan bahwa pihak-pihak yang menangani masalah pemulihan adiksi NAPZA harus memiliki dasar kepedulian dan jiwa sosial.

“Hal yang dihadapi adalah paradigma masyarakat yang berbeda-beda. Program rehabilitasi yang dijalankan dapat berhasil jika disertai dengan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam program rehabilitasi bagi pecandu narkotika perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting antara lain harus bersinergi antar berbagai pihak.

“Selain itu, diperlukan jangka waktu yang cukup karena dalam pemulihan adiksi NAPZA perlu memperhatikan proses perubahan pola pikir,” tutupnya. (IH)