Berita Internasional

Profesor China Ditangkap Karena Jual Obat Ilegal

bend_koreaSeoul – Seorang profesor kimia asal China, ditangkap oleh pihak kepolisian Korea Selatan dengan tuduhan telah memproduksi narkotika dalam jumlah besar di laboratoriumnya dan kemudian menjual zat itu melalui internet.

Seperti yang diberitakan Yonhap, Rabu (10/3), profesor kimia berusia 32 tahun ini, dikenali hanya dengan nama panggilan “Cha”, dituduh membuat zat terlarang yaitu 320 gram Gamma Hydroxy Butyrate atau GHB.

GHB juga dikenal sebagai obat yang sering digunakan oleh para pelaku perkosaan. Obat ini dibuat di laboratorium universitasnya, kata para pejabat pada Kantor Kepolisian Yongsan.

Tersangka juga berupaya untuk menjual narkotika itu seharga 64 juta won (56.000 dolar AS) melalui Internet, kata polisi.

Profesor muda tersebut bekerja pada satu universitas di Seoul pada 2008, setelah dia lulus dari perguruan tinggi China dengan gelar insinyur kimia, menurut para perwira polisi.

Cha mengaku dia memproduksi obat itu untuk mendapatkan uang, namun membantah bahwa obat tersebut digunakan sendiri, kata mereka.

Berdasarkan undang-undang Korea Selatan, pelanggar obat terlarang bisa dijatuhi hukuman maksimal lima tahun penjara, atau denda sampai 50 juta won (44,116 dolar AS).(Ant)