Aktivitas Berita Berita Internasional Berita Lembaga

Prof.Dr. Sri Suryawati Terpilih Menjadi Anggota INCB

Prof. Dr. Sri Suryawati

New York – Prof.Dr. Sri Suryawati telah terpilih sebagai anggota badan pengurus International Narcotics Control Board (INCB).Proses pemilihan ini diselenggarakan oleh The Economic and Social Council (ECOSOC) pada Kamis (25/4) di New York.

Pemilihan anggota baru ini dilakukan untuk mengisi posisi kosong periode lima tahun masa jabatan yang ditinggalkan Prof. Hamid Ghodse yang meninggal pada 27 Desember 2012 lalu.

Prof. Dr. Sri Suryawati terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lain yang dinominasikan oleh World Health Organization (WHO) untuk mengisi masa jabatan hingga 1 Maret 2017.

Dalam laporannya, Sekretaris Pertama Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di PBB, Elleonora Tambunan mengungkapkan bahwa dalam pemilihan itu Prof. Suryawati meraih 42 suara, sementara dua pesaingnya dari Estonia dan Inggris masing-masing mendapatkan lima suara.

Pakar farmakologi dan farmakokinetis klinik Indonesia ini akan bertugas di INCB dalam kapasitas personal, bukan sebagai perwakilan pemerintah Indonesia. Prof.Dr. Sri Suryawati dalam karirnya telah menempati berbagai posisi sebagai berikut: Kepala Departeman Farmakologi Klinis Fakultas Kedokteran Universitas Gajahmada (1998-kini); Executive Board, International Network for the Rational Use of Drugs (sejak 2005); Panel Penasehat WHO Advisory untuk Kebijakan dan Manjemen Obat-obatan (sejak 1999); Wakil Presiden/Ketua Komite Estimasi (2010); Kelompok Penasehat Global dalam Penanganan Obat-obatan (2006-2010); Komite Ahli WHO untuk Seleksi dan Penggunaan Obat-obatan Esensial (2002, 2003, 2005, 2007); Komita Ahli WHO  untuk Obat-obatan Pemicu Ketergantungan (2002, 2006); Konsultan pada Program Pengobatan Esensial dan Promosi Penggunaan Rasional Obat-obatan Esensial. di Bangladesh, Cambodia, China, Fiji, Republik Demokratik Laos, Mongolia, Philippines (2001-2009); Konsultan Kebijakan Medis dan Evaluasi Obat-obatan, di Cambodia, China, Indonesia and Viet Nam (2003-2007).

Prof. Dr. Sri Suryawati mendapatkan gelar doktor (Ph.D) dari Universitas Gajahmada Yogyakarta.(unis.unvienna/YS)