Peristiwa

Presiden Meksiko: Kejahatan Terorganisir Tantangan Bersama Negara-Negara di Dunia

Mexico City – Pada pembukaan acara pertemuan dua hari Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) do Mexico City, Kamis (1/3), Presiden Meksiko Felipe Calderon menyatakan bahwa kerjasama semua negara sangat penting dalam menghadapi kejahatan terorganisir.

Dalam pernyataan yang disampaikan Calderon dalam OAS, ia menyerukan kepada para penegak hukum di kawasan perbatasn untuk menghadapi bersama sebuah tantangan besar yaitu kejahatan terorganisir.“Kejahatan terorganisir transnasional adalah tantangan besar bagi negara-negara di dunia pada saat ini, terutama di benua kami yang menderita,” berikut kutipan pernyataan seperti dirilis Antara.

Pelaku perdagangan narkoba dan perdagangan senjata telah menjadi ancaman terbesar dalam pemerintahan. Demikian disampaikan ketua OAS Jose Miguel Insulza dalam sebuah wawancara dengan El Universal.

Selain itu, menurut pejabat keamanan OAS Adam Blackwell, adanya kelompok-kelompok kriminal juga merupakan sebuah ancaman. Menurutnya, kejahatan terorganisir ini juga mempengaruhi kegiatan ekonomi, pertanian dan pariwisata.

Pertemuan yang turut dihadiri oleh pejabat penegak hukum dari Amerika Serikat, Spanyol dan Italia ini juga membahas tentang bagaimana menyikapi tingginya tingkat kekerasan terkait narkoba yang terjadi di wilayah Meksiko, juga negara-negara kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *