Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Nasional

PPATK: Uang Transaksi Narkoba Disimpan di Rekening Orang Lain

Surabaya– Meski berada di balik jeruji penjara, para pengedar narkoba masih tetap dapat menjalankan bisnisnya.

Tidak jarang dalam menjalankan bisnisnya tersebut, mereka menggunakan rekening bank atas nama orang lain, baik dalam melakukan pembelian ataupun menerima pembayaran.“Uang hasil transaksi narkoba, disimpan di rekening atas nama orang lain,” terang M.Novian, pegawai Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) saat memberikan kesaksian dalam sidang para terdakwa atas nama Yohanes Andrian, Jarnawi dan Muhammad Yusuf di PN Surabaya, Kamis (28/3).

Dalam kesaksiannya ini M.Novian menjelaskan bahwa PPATK mengkaji transaksi yang dilakukan para terdakwa berdasarkan resume kronologi penyidikan dan menemukan kesimpulan bahwa uang hasil transaksi tersebut, disimpan atas nama orang lain.

“Ketiga terdakwa menggunakan lima rekening dengan nama yang berbeda-beda, dan tidak ada satupun yang menggunakan nama terdakwa,” imbuh M.Novian.

Adapun kelima nama yang rekeningnya digunakan dalam transaksi narkoba antara lain, Rusdi Purbaya, Sakti Aribowo, Wicaksono, Budiono dan Wilis Sigati.

Sebelumnya BNN berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika dari dalam Lapas Madiun yang dilakukan oleh terdakwa Jarnawi. Jaksa Penuntut Umum, menjerat ketiga terdakwa dengan pasal pencucian uang.(JP/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *