Buku

Powderburns: Cocaine, Contras and The Drug War

Judul: Powderburns: Cocaine, Contras & the Drug War
Bahasa: Inggris
Jumlah Halaman: 240
Penerbit: Mosaic Press,
Tahun: September 1994.

Resensi:

Powderburns mengisahkan tentang Celerino Castillo III, mantan agen Drug Enforcement Agency (DEA) yang bertugas di Amerika Tengah. Ia menjadi saksi hidup keterlibatan Oliver North dan pemerintahan Presiden Ronald Reagan dalam menyelundupkan kokain untuk membiayai pasukan Contra.

Buku ini dipublikasikan sebelum artikel Gary Webb “Dark Alliance” yang terbit pada 1997. Artikel kontroversial Gary Web tersebut juga membahas tentang peran Central Intelligence Agency (CIA) dalam membawa crack (kokain) ke jalanan Amerika.

Buku ini menceritakan kisah terpercaya yang ditulis oleh orang paling memahami skandal tersebut.

Dalam menjalankan misinya Castillo diam-diam menyelidiki jaringan perdagangan kokain CIA. Ia mendapati adanya barter kokain dengan senjata yang dioperasikan oleh Letnan Kolonel Oliver North, Richard Secord dan anak perusahaan CIA, Southern Air Transport di luar bandara Ilopango di El Salvador.

North dan para bawahannya menjual senjata dengan harga sangat mahal ke Iran, sementara membanjiri kota-kota di Amerika dengan kokain. Mereka menggunakan keuntungan perdagangan tersebut untuk kembali membeli senjata yang kemudian dibawa ke Nikaragua dan ditukar dengan kokain.

Kokain tersebut dibawa ke Amerika dibawah perlindungan pasukan militer AS dan CIA. Pesawat dan hanggar pesawat dimiliki oleh CIA dan Dewan Keamanan Nasional AS (NSA). Pilot-pilot yang menerbangkan pesawat tersebut dikontrak oleh CIA.

Korupsi dan keterlibatan CIA dalam industri perdagangan obat-obatan ilegal tidak membuat Castillo mundur dari misi pengungkapannya.

Berkali-kali Castillo dipergoki oleh atasan langsungnya di DEA karena berada di tempat-tempat yang bukan seharusnya saat ia melakukan investigasi.

Ketika terjadi kecelakaan heli kedua, Cele dianggap bertanggung jawab atas insiden ini, dan membuat murka para  bandar kokain yang menantikan tibanya pesanan.

Tetapi, Castillo melanjutkan penyelidikan dan melaporkan semuanya pada DEA Washington. Kisah pengungkapan yang luar biasa, dilakukan oleh satu orang melawan kekuatan-kekuatan besar untuk menegakkan keadilan. (YS)