Berita Nasional

Polri Tangkap TKI Penyelundup Puluhan Kapsul Heroin

Jakarta РAkibat terbujuk rayuan jaringan narkotika internasional seorang  Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kupang, NTT, ditangkap polisi karena berupaya menyelundupkan 54 kapsul heroin dengan cara ditelan.

Yanuari Mariyanti atau Yanti meninggalkan pekerjaannya di Singapura dan diduga menjadi kurir narkoba dengan menelan 54 kapsul heroin dengan berat total 489,3 gram dan total nilai Rp.1,6 milyar.

Menurut Kasubdit II Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Polri, Kombes Pol Siswandi, Yanti menelannya di hotel Central kamar 301, Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

Yanti berangkat ke Malaysia pada Minggu dengan tujuan Bandung, kemudian menggunakan jalan darat ke Jakarta.

Siswandi mengungkapkan, kasus ini diungkap setelah ada informasi dari Kepolisian Diraja Malaysia bagian Narkotika kepada Polri bahwa akan ada kurir pembawa narkoba yang akan memasuki Indonesia.

“Yanti ditangkap bersama seorang warga negara Ghana bernama Tony Appiah dan seorang wanita Indonesia pacar Tony, Priyettin Debora Wuisan.¬† Saat itu akan mengambil barang yang dibawa Yanti,” kata Siswandi.

Heroin yang dibawa Yanti dikeluarkan melalui buang air besar selama dua hari.

“Heroin yang dibawanya berasal dari Iran dan merupakan jaringan Afrika Selatan, dengan dijanjikan upah kurir 2 juta dolar Amerika,” kata Siswandi.

Saat ditanya, Yanti mengaku meninggalkan pekerjaannya sebagai TKI di Singapura dan menuju Malaysia setelah dibujuk untuk menjadi kurir dengan upah besar.

“Saya meninggalkan kerjaan di Singapura ke Malaysia, setelah kenalan dengan Daniel lewat internet dan membujuk jadi kurir narkoba,” kata Yanti.

“Saya baru seminggu kenal Daniel warga negara Nigeria yang ada di Malaysia melalui internet,” ungkap Yanti.(Ant/Got/AM/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *