Berita Nasional

Polri: Kulon Progo Rawan Peredaran Narkoba

Polri

Kulon Progo – Satuan Narkoba Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan wilayah perbatasan kabupaten ini rawan peredaran narkoba karena menjadi pintu masuk barang terlarang itu.

Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Kulon Progo AKP Sumino, di Wates, Jumat (10/12), menyebutkan kecamatan yang wilayahnya paling rawan dijadikan pintu masuk narkoba adalah Kalibawang, Nanggulan, Galur, Temon dan Sentolo.

“Biasanya pengedar narkoba di Kulon Progo berasal dari luar daerah. Oleh karena itu, kami melakukan pemantaun di wilayah perbatasan terutama di kecamatan yang paling rawan dijadikan pintu masuk narkoba dari luar daerah,” kata Sumino.

Untuk itu, menurut Sumino jajarannya dalam melakukan pencegahan serta antisipasi kemungkinan masuknya narkoba ke Kulon Progo, menjalin kerja sama dengan Badan Narkoba Kabupaten, Badan Narkoba Nasional, Dinas Kesehatan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kerja sama tersebut dijalin dalam melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba, serta pencegahan dan penanganannya,” katanya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait dalam melakukan operasi narkoba.

“Operasi dilakukan secara rutin, dan target lokasi operasi di antaranya Alun-alun Wates,” katanya.(Ant)