Berita Nasional Peristiwa

Polres Cilacap Tangkap Pasutri Pengedar Shabu

Lapas Nusakambangan

Cilacap – Sepasang suami istri diamankan petugas satuan reserse narkotika Kepolisian Resor (Polres) Cilacap, Jawa Tengah, karena diduga memasarkan shabu-shabu.

Idha Arlupie (50), sseorang ibu rumah tangga, ditangkap petugas karena diduga menjadi pengedar shabu. Dari Idha Arlupie, polisi kemudian menangkap Haris Mulyono Adityanto (40), suami tersangka yang adalah narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Besi, Pulau Nusakambangan. Tersangka ditangkap setelah petugas berhasil membuktikan kegiatan tersangka mengendalikan peredaran shabu dari dalam lapas.

“Kasus melibatkan narapidana Lapas Nusakambangan ini berhasil diungkap berkat laporan dari masyarakat tentang seseorang perempuan yang diduga mengedarkan narkotika jenis shabu,” kata Wakil Kepala Polres (wakapolres) Cilacap, Kompol Syarif Rahman di Markas Polres Cilacap, Senin (31/10).

Menurut Syarif Rahman, dari informasi tersebut Satres Narkoba Polres Cilacap kemudian melakukan pengembangan dan ternyata barang tersebut ada kaitannya dengan seorang narapidana di Lapas Besi, Pulau Nusakambangan.

Tersangka Haris Mulyono Adityanto (40), adalah narapidana kasus narkoba. Haris Mulyono dijatuhi pidana penjara selama lima tahun atas kasus narkotika. Haris Mulyono diketahui baru dijalani hukuman selama 1,5 tahun.

Syarif Rahman mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih mendalami kemungkinan barang tersebut juga diedarkan di dalam Pulau Nusakambangan.

“Namun yang pasti, barang itu ditemukan ada di luar Pulau Nusakambangan, red. Tentu saja kita tidak begitu saja percaya,” katanya.

Saat dilakukan penggeledahan di kamar nomor 2A Blok Barat Lapas Besi yang ditempati Haris, petugas menemukan dua buah telepon seluler dan enam kartu telepon dari sejumlah operator.

“Ini yang kita patut sayangkan karena berdasarkan MoU yang dibuat dengan para kepala lapas se-Nusakambangan, lapas punya kewajiban untuk meniadakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk perbuatan ilegal,” katanya.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *