Peristiwa

Polres Buleleng Ajak Ibu Anggota Bhayangkari Berantas Narkoba

Kepolisian Republik Indonesia

Singaraja – Anggota Bhayangkari Kepolisian Resort (Polres) Buleleng dibekali pengetahuan tentang narkoba dalam sebuah sesi pembekalan oleh Kasat Narkoba Polres Buleleng AKP Ketut Soma Adnyana, Sabtu (6/8).

“Hal ini dilakukan dalam rangkaian upaya memberantas pemakaian dan peredaran narkoba secara ilegal dari dalam,” ujar Kapolres.

Kapolres menyampaikan bahwa penyalahgunaan narkoba sangat rentan terhadap penyebaran infeksi HIV. Dalam sesi dihadapan ibu-ibu anggota Bhayangkari Buleleng ini, Kapolres yang didampingi oleh Kaur Mintu Gede Lantika, juga mengingatkan bahwa narkoba bukan hanya berasal dari tanaman, namun ada juga yang sintetis dari bahan kimia.

Mantan anggota Buser Polda Bali ini menceritakan tentang seorang anggota kepolisian yang tewas karena kecanduan narkoba saat masih menjadi Buser Polda Bali.

“Dia selalu menghilang saat diajak bertugas, hingga akhirnya tak terselamatkan,” tuturnya.

Kepada ibu-ibu anggota Bhayangkari ini, Kapolres menjelaskan bahwa penyalahgunaan narkoba tak ada gunanya, dan hanya akan menghancurkan keuangan keluarga serta mematikan jiwa.

Pada sesi selanjutnya, Lantika berbicara mengenai situasi peredaran narkoba di Buleleng. Ia menyatakan bahwa Buleleng merupakan daerah transit berbagai jenis narkoba, sebelum disebarkan ke daerah-daerah lain.

Lantika juga menuturkan bahwa Buleleng merupakan daerah yang menempati urutan kedua jumlah kasus HIV/AIDS terbanyak di Bali setelah Kabupaten Badung. Bahkan menurutnya ada juga oknum anggota kepolisian yang terinfeksi HIV.

Lebih lanjut Lantika menjelaskan, tingginya kasus HIV ini diduga merupakan dampak dari banyaknya jumlah kafe dan tingginya peredaran narkoba di Buleleng. (AM/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *