Berita Nasional Hukum

Polisi Terlibat Narkoba Justru Isap Ganja di Sel

Sidoarjo – Sebanyak tiga anggota polisi yang menjadi penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medaeng, Sidoarjo, tertangkap tangan mengisap ganja.

Warsito Basuki, Zakaria, dan Dedi itu, Senin sore, langsung dibawa ke Mapolsek Waru, Sidoarjo untuk proses penyidikan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Medaeng, Affandi, mengatakan, sudah lama pihaknya mendapatkan informasi bahwa di Blok D-4 yang merupakan ruang tahanan khusus bagi anggota kepolisian itu dijadikan ajang pesta narkoba.

“Petugas kami menindaklanjuti laporan itu dengan cara menggelar razia dadakan. Hasilnya, petugas berhasil mengamankan tiga paket ganja dari tangan ketiga tersangka,” katanya.

Ia menyebutkan, yang menjadi tersangka utama dalam kasus itu adalah Warsito. Zakaria dan Dedi diduga sebagai orang yang memberi barang tersebut pada Warsito.

“Ketiganya langsung kami bawa ke Mapolsek Waru untuk diproses,” katanya.

Pihak rutan saat ini rutin menggelar razia narkoba, apalagi setelah marak diberitakan, bahwa rutan itu menjadi sarang pengguna narkoba. Hal itu dibuktikan oleh pengakuan Linda, istri Siswo Prawiro, bandar narkoba yang kini menghuni Rutan Medaeng.

Kepada petugas yang menangkapnya beberapa waktu lalu, Linda menyebutkan, dirinya sebagai pemasok sabu-sabu ke dalam Rutan Medaeng.

“Makanya kami terus mengantisipasi agar rutan ini tidak menjadi sarang narkoba bagi para tahanan,” kata Affandi.

Warsito Basuki sebelumnya tercatat sebagai personel Polresta Surabaya Timur berpangkat Bripda. Dia dijebloskan ke penjaga akibat memiliki profesi sampingan sebagai pengedar sabu-sabu.

Sementara Zakaria dan Dedi menjadi penghuni Rutan Medaeng setelah tertangkap mengonsumsi narkoba.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *