Berita Nasional Hukum

Polisi Gagalkan Penyelundupan 6,8 Kilogram Shabu Asal Malaysia

Pontianak – Kepolisian Resor Sanggau menggagalkan penyeludupan psikotropika jenis shabu asal Malaysia seberat 6,8 kilogram atau senilai Rp10,8 miliar dari tangan tersangka Tarmiji (30) warga Mempawah Hilir, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat.

Kepala Polres Sanggau Ajun Komisaris Besar (Pol) I Wayan Sugiri dalam keterangan persnya di Pontianak, Minggu (3/4), mengatakan, terungkapnya penyeludupan narkotika jaringan internasional ini berkat laporan intelijen di lapangan yang mencurigai akan ada pengiriman shabu-shabu dalam jumlah besar dari Malaysia.

“Berdasarkan informasi tersebut kami langsung melakukan razia, pada Sabtu (2/4) tepatnya di depan Kepolisian Sektor Entikong, sekitar pukul 15.00 WIB dan benar kami berhasil menangkap Tarmidji bersama barang-bukti shabu-shabu seberat 6,8 kilogram yang disimpan dalam kopernya,” papar Wayan Sugiri.

Untuk mengelabui petugas tersangka menggunakan mobil carteran dan menyimpan shabu-shabu itu dengan rapi sekali sehingga bisa melewati Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong Sanggau.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka mengakui barang tersebut berasal dari Malaysia dan akan dikirim ke rekannya Hari Rabuan (32) yang juga warga Mempawah Timur, untuk dibawa ke Jakarta.

“Berdasarkan pengakuan tersebut kami langsung menyusun tim untuk menangkap Hari Rabuan. Hasilnya tersangka kedua berhasil ditangkap di rumahnya hari ini,” kata Kapolres Sanggau.

Hingga saat ini kedua tersangka masih dalam pemeriksaan di Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Kalbar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, katanya.

Berdasarkan pengakuan kedua tersangka, aksi memasukan shabu-shabu dari Malaysia melalui perbatasan Entikong sudah yang kelima kali.

“Menurut mereka pengirim kali ini jumlah yang terbesar, tetapi akan kami kembangkan terus untuk menyelusuri jaringan lainnya,” katanya.

Menurut Wayan Sugiri, kedua tersangka diancam pasal 112 ayat (2) UU No. 35/2009 tentang Narkotika golongan satu dengan ancaman hukuman mati.(Ant/Mdh/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *