Berita Internasional Peristiwa

Polisi Ekuador Gagalkan Penyelundupan 1,9 Ton Kokain

Equador

Quito – Upaya penyelundupan 1,9 ton kokain melalui pengapalan nanas menuju Spanyol digagalkan oleh petugas kepolisian Ekuador.

Kokain tersebut disimpan dalam 164 kotak nanas yang ditemukan oleh polisi pada Rabu (6/7) waktu setempat, dalam sebuah fasilitas kontainer di Guayaquil, salah satu pelabuhan utama di Equador.

Kepala kepolisian Equador, Jendral Rodrigo Suarez menyatakan bahwa pihaknya telah menahan dua warga Kolombia yang bertanggungjawab atas pembelian dan penilaian kualitas buah ekspor.

“Satu warga Ekuador dari wakil perusahaan ekspor Ekuador juga telah ditahan dalam kasus ini,” lanjut Suarez.

Penyitaan 1,9 ton kokain itu terjadi setelah ada informasi mengenai sebuah geng yang membeli, menjual dan mengekspor kokain dengan menyembunyikan obat bius stimulan itu di dalam sejumlah kotak nanas yang akan dikapalkan ke Valencia di Spanyol.

Dalam penyelidikan, polisi menemukan paket yang ditandai dengan logo yang terkait dengan kasus perdagangan obat bius internasional dalam oeperasi mereka di Arizona.

Sebelumnya, polisi telah menyita sebanyak 741 kilogram kokain di Pelabuhan Manta, Ekuador Barat.

Selama tahun 2011, jumlah sitaan obat bius yang sebagian besar adalah kokain, meningkat 10 persen dibandingkan tahun 2010 lalu. Penegak hukum telah menyita sekitar 11,3 ton obat bius selama Januari sampai Juni 2011. (IH)