Berita Internasional Kebijakan Global

Polisi China Mulai Melakukan Patroli Bersama di Sungai Mekong

China

Beijing – Para pejabat China mengatakan lebih dari 200 polisi bersenjata, mulai Sabtu (10/12) berpatroli di Sungai Mekong. Di dalam aktifitasnya ini, polisi China bergabung dengan pihak kepolisian dari Laos, Myanmar, dan Thailand.

Adapun patroli ini merupakan tanggapan atas kematian 13 pelaut China yang diserang di atas dua kapal kargo pada awal Oktober di sepanjang perairan Thailand dekat perbatasan dengan Myanmar.

Petugas keamanan Thailand berhasil menangkap sembilan orang anggota militer Thailand yang diduga terlibat dalam peristiwa perompakan yang menewaskan 13 pelaut China tersebut.

Dari hasil penyidikan sementara diketahui bahwa kesembilan anggota militer Thailand tersebut ternyata memiliki hubungan denan salah satu kartel narkoba di Myanmar, tepatnya di daerah “segitiga emas” yang dikuasai oleh pemberontak Khun Sha.

Para pelaut sejak lama telah mengeluhkan aksi kelompok bersenjata yang menjarah perahu mereka atau meminta uang tunai.

Media China sendiri tidak memberikan rincian tentang skala operasi atau seberapa jauh pasukan China akan bertindak. Sungai Mekong mengalir melalui provinsi Yunnan di China barat daya ke beberapa negara Asia Tenggara.(VA/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *