Berita Nasional Peristiwa

Polda Jateng Musnahkan Barang Bukti 3,9 Kilogram Ganja

Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Senin (17/6), memusnahkan barang bukti berupa ganja, hasil tangkapan terbesar dalam kurun waktu Januari sampai Mei 2012. Hal ini disampaikan oleh Kombes Pol John Turman Panjaitan, Direktur Narkoba Polda Jateng.

Barang bukti yang dimusnahkan adalah 3,9 kilogram ganja dari seorang tersangka wanita warga Jebres Solo, yang ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng, Sabtu (30/6) lalu.

“Setelah mendapatkan izin dari kejaksaan setempat maka barang bukti akan langsung kami musnahkan, biasanya bisa sebulan sekali atau dua kali. Tapi ini termasuk yang terbesar,” ujar Turman seperti diberitakan Kompas.com.

Dari pengakuan tersangka, jumlah keseluruhan barang bukti adalah 10,7 kilogram, namun sekitar 6 kilogram diambil oleh seorang perempuan yang saat ini ada di dalam penjara.

Pemusnahan ini dilakukan secara simbolik oleh Kombes Ahmad Syukrani selaku Wakapolda Jateng di halaman Polda Jateng dengan cara dibakar. Biasanya pemusnahan dilakukan menggunakan alat penyedot asap dalam ruangan. Namun karena alatnya rusak, pemusnajan dilakukan dengan cara membakar barang bukti. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *