Berita Nasional Hukum

PN Medan Vonis 20 Tahun Penjara Bagi Pembawa 6,9 Kg Shabu

Medan – Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Kamis (31/5) menjatuhkan vonis 20 tahun penjara kepada seorang warga Aceh, terdakwa kasus penyelundupan 6,9 kilogram shabu.

Dalam putusannya, Majelis Hakim yang diketuai oleh M Ramli Amat Darasah juga diharuskan membayar denda Rp8 miliar kepada terdakwa Noerdin Muhammad Amin (41).

Vonis ini dijatuhkan karena Noerdin diputus bersalah melanggar Pasal 114 (2) Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan dianggap tidak ikut membantu program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

Seperti diberitakan Antara, terdakwa Noerdin dan keluarganya dari Aceh yang menghadiri sidang menangis usai pembacaan vonis di PN Medan.

Pria lulusan SMP ini terbebas dari hukuman mati setelah sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dwi Meily Nova mendakwanya dengan tuntutan hukuman mati atas kasus penyelundupan yang dilakukannya.

Terdakwa ditangkap saat hendak menuju Jakarta, di terminal keberangkatan domestik Bandara Polonia Medan pada November tahun lalu karena membawa shabu dalam kotak makanan.

Upaya penyelundupan ini diungkap petugas Bea dan Cukai setempat setelah mereka mencurigai isi tas terdakwa saat pemeriksaan sinar-X. Ketika diperiksa dalam ruangan, petugas menemukan tujuh plastik bening berisi shabu dalam kotak makanan di tas terdakwa yang ketika ditimbang beratnya mencapai 6,955 kilogram.

Warga Desa Awegutah Kecamatan Pesangan Matang Glumpang II Kabupaten Bireuen Aceh Utara, Lhokseumawe ini kemudian diserahkan ke Seksi Panindakan dan Penyidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A2 Medan, beserta barang bukti dan diproses hukum oleh Dit Narkoba Polda Sumut. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *