Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

PM Kanada Menempuh Langkah Awal Menuju Legalisasi Ganja

Ottawa – PM Kanada yang baru terpilih, Justin Trudeau menepati janji kampanye-nya untuk mewujudkan regulasi ganja di Kanada. Trudeau diusung oleh Partai Liberal yang mengangkat isu legalisasi ganja sebagai prioritas utama. Segera setelah terpilih, Trudeau memulai langkah awal untuk melaksanakan proses legalisasi.

Trudeau memerintahkan Menteri Kehakiman sekaligus Jaksa Agung Jody Wilson-Raybould untuk menempuh langkah-langkah administratif yang dibutuhkan, melalui sebuah surat perintah.Trudeau meminta Raybould bekerjasama dengan kementerian lainnya untuk “menciptakan sebuah proses teritorial federal-provinsial yang akan menuju pada legalisasi dan regulasi ganja.”.

Tantangan-tantangan seperti: regulasi ganja untuk dikonsumsi, serta mengemudi dalam pengaruh ganja, kemungkinan akan menjadi penghambat proses legalisasi tersebut.Seperti yang diungkapkan Lewis Koski, Direktur Divisi Penegakan Hukum di Bidang Ganja di Colorado dalam wawancara dengan CBC,”Legalisasi ganja lebih sulit dilaksanakan daripada yang kita sangka. Akan memakan waktu yang lebih lama untuk melakukannya, serta akan memakan biaya yang lebih besar dari yang kita perkirakan.”

Colorado adalah salah satu dari negara bagian di AS yang telah melegalkan penggunaan ganja rekreasional.(Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *