Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Peru akan Musnahkan Puluhan Ribu Hektar Ladang Koka

Lima – Menteri Dalam Negeri Peru, Wilfredo Pedraza, Senin (14/1) menyatakan, negaranya akan memusnahkan 22.000 hektare tanaman koka pada tahun ini. Kawasan yang disasar adalah lembah-lembah yang kaya kokain antara Sungai-Sungai Apurimac, Ene dan Mantaro.

“Itu mencerminkan fakta Presiden Ollanta Humala memiliki satu kebijakan kuat memerangi perdagangan narkoba, dan akan mengusulkan untuk lebih memperluas aksinya dalam memerangi masalah ini,” kata Pedraza.

Pemerintah mengatakan para pedagang narkoba setempat beroperasi di daerah sepanjang sisa-sisa daerah kelompok Jalan Terang Maois, yang melakukan pemberontakan kejam di negara itu antara 1980-1990-an.

Koka tumbuh luas di lereng-lereng timur dari Jajaran gunung Andes Amerika Selatan. Pembasmian itu juga direncanakan di daerah-daerah Huanuco, Pasco, San Martin dan Ucayali.

Menurut data UNODC dan Badan Anti Narkoba AS (DEA) tahun 2011 , Peru merupakan produsen koka terbesar kedua di dunia setelah Kolombia, negara itu juga menjadi produsen penting kokain dunia.

Peru mengharapkan mencegah penanaman kembali dan perluasan daerah yang menghasilkan koka, dan membuat dan memperkuat program-program yang membantu pembangunan alternatif.

Badan kontra-narkotika Peru DEVIDA mengatakan pihak berwenang telah membasmi 14.171 hektar tanaman koka tahun 2012, melebihi target 14.000 hektar.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *