Aktivitas Berita Berita Internasional Kebijakan Kebijakan Global Kegiatan

Pertemuan Tingkat Tinggi PBB Tentang AIDS: Pemimpin Dunia Rumuskan Kebijakan Global

New York – Selama 30 tahun epidemi AIDS berlangsung, telah 10 tahun UN General Assembly Special Session on HIV/AIDS (UNGASS on HIV/AIDS) atau Pertemuan Tingkat Tingggi PBB tentang HIV dilaksanakan.

Seluruh dunia mengirimkan utusan untuk melakukan evaluasi perkembangan dan merencanakan masa depan penanganan AIDS secara global dalam pertemuan yang digelar di New York pada 8-10 Juni 2011.

Negara anggota PBB diharapkan dapat mengadopsi deklarasi terbaru yang akan menguatkan komitmen terkini negara tersebut. Komitmen diperlukan untuk melaksanakan aksi-aksi merespon masalah AIDS global.

Fakta-fakta yang terungkap sangat menyita perhatian publik. Data terbaru UNAIDS secara jelas menunjukkan bahwa sebuah perkembangan telah menuju pada terjadinya ketiadaan infeksi HIV baru, terhapusnya diskriminasi dan ketiadaan kematian karena AIDS lewat terwujudnya Akses Universal pada pencegahan, pengobatan dan perawatan HIV.

Temuan-temuan yang didapat UNAIDS memang nyata, tetapi rapuh dan tak terjangkau oleh orang-orang yang membutuhkan. Masih ada sekitar 10 juta orang menanti pengobatan HIV. Dan setiap satu orang memulai pengobatan, dua orang lainnya terinfeksi HIV. Stigma dan diskriminasi terus berlanjut dan menghalangi upaya penanganan AIDS.

Perkembangan yang menggembirakan memerlukan solidaritas dan kemitraan global, terutama saat ini di saat-saat kesulitan keuangan dunia. Negara-negara menghadapi kesempatan dan tantangan baru dalam penanganan AIDS. Diharapkan Pertemuan Tingkat Tinggi tentang AIDS ini dapat menjadi ajang yang bermanfaat bagi tiap-tiap institusi untuk bertemu dan menggerakkan agenda penanganan AIDS di masa mendatang (YS)