Berita Nasional Peristiwa

Perempuan WN Inggris Berupaya Selundupkan Kokain Senilai 24 Miliar

Bea dan Cukai

Kuta – Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (26/5) menggagalkan upaya penyelundupan kokain oleh warga negara Inggris, Lindsay June Sandiford (55).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai, I Made Wijaya, di Kuta, Senin (28/5). Menurut Wijaya, petugas mendapati kokain dalam koper hitam milik Lindsay saat ia baru turun dari Thai Airways nomor penerbangan TG-431 rute Bangkok-Denpasar.

Petugas sempat terkejut mendapati barang bukti yang dibawa Lindsay, sebab kokain merupakan jenis yang langka dan harganya cukup mahal dalam jaringan narkoba internasional.

“Kalau shabu Rp 2 juta per gram, di pasar gelap kokain dihargai Rp 5 juta per gram,” ujar Wijaya dalam konferensi pers.

Lindsay ditangkap dengan barang bukti 4.791 gram kokain, yang jika ditaksir nilainya mencapai Rp23,9 miliar. Wijaya menambahkan bahwa ini kali pertama pihak Bea dan Cukai mengungkap kasus penyelundupan kokain dalam beberapa waktu terakhir.

Selama beberapa tahun terakhir, kasus yang diungkap Bea dan Cukai didominasi oleh kasus penyelundupan hashish dan shabu.

Dari pengembangan kasus ini, tiga orang warga negara Inggris dan seorang warga negara India yang diduga terlibat jaringan internasional turut diperiksa oleh pihak Bea dan Cukai, Polda Bali beserta Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *