Peristiwa

Perbup Kawasan Dilarang Merokok Segera Berlaku di Minut

No Smoking

Minahasa Utara – Sanksi tegas akan segera diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terhadap pelanggar Peraturan Bupati (Perbup) Minut Nomor 11 Tahun 2011, tentang kawasan dilarang merokok di tempat-tempat tertentu.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Minut, M. Tapada, menyatakan bahwa peraturan daerah ini dikeluarkan sebagai bentuk toleransi dalam menjaga kesehatan dan menyangkut kebersihan lingkungan.

“Dalam peraturan tersebut ada ketentuan bagi pelanggar akan mendapat sanksi dan denda. Peraturan  ini akan segera dilaksanakan setelah ditandatangani oleh Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal,” ujarnya pada Rabu (13/7).

Mengenai tindak lanjut dari Peraturan Bupati ini, tapada mengatakan bahwa ada kemungkinan untuk menetapkannya dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

“Akan dibahas sisi baik dan buruknya dahulu, kemudian diusulkan kedalam Perda, ketika semua hal dapat menjamin program pemerintah,” katanya.

Bupati Minut menyatakan bahwa Peraturan Bupati mengenai rokok ini perlu mengingat bahaya rokok bagi individu maupun masyarakat umum, baik selaku perokok aktif maupun perokok pasif.

Tujuan Perbup ini secara lebih luas adalah menjamin kesehatan baik masyarakat maupun individu, sehingga diperlukan perlindungan terhadap bahaya rokok bagi kesehatan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

“Harapannya, akan timbul kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk mencegah dampak penggunaan rokok baik langsung maupun tidak langsung terhadap kesehatan,” ujar Sompie.

kawasan dilarang merokok seperti tertuang dalam Peraturan Bupati, yaitu area yang dinyatakan bukan tempat untuk merokok, seperti tempat umum, tempat kerja, lokasi proses belajar mengajar, tempat pelayanan kesehatan, arena kegiatan anak-anak, tempat ibadah maupun angkutan umum. (AM/IH)