Advokasi Aktivitas Film

Perangi Overdosis, HCLU Serukan Distribusi Nalokson Untuk Pecandu Heroin

Budapest – Memperingati Hari Overdosis Sedunia yang jatuh pada Selasa (31/8) kemarin, Hungarian Civil Liberty Union (HCLU) meluncurkan sebuah film dokumenter berjudul Take Home Naloxone – The Right to Survive Overdoses.

HCLU adalah sebuah organisasi beranggotakan para pengacara di Budapest yang memperjuangkan hak asasi pecandu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lain (napza).

Film ini bukan saja bertutur tentang para pecandu yang telah meninggal, juga tidak bermaksud mempermalukan atau menyalahkan. Pesan dalam film ini menekankan fakta bahwa kematian karena overdosis napza dapat dicegah dengan metode yang efektif dan terjangkau.

Metode yang digunakan tidak bersifat menstigma dan mengkriminalkan pengguna napza. Film bertutur tentang sebuah pendekatan pragmatis yang mampu mencegah kematian akibat overdosis yaitu distribusi Nalokson untuk pecandu heroin.

Nalokson telah terbukti berguna untuk membalikkan reaksi depresi di sistem saraf pusat yang terjadi karena penggunaan napza jenis opiat seperti heroin.

Nalokson digunakan dengan cara disuntikkan, bisa dengan jalur intravena untuk efek lebih cepat. Obat ini akan bereaksi dalam dua menit, dan pengaruhnya akan bertahan selama 45 menit.

Di beberapa negara, Nalokson dibagikan sebagai bagian dari perlengkapan darurat untuk pecandu heroin. Upaya ini terbukti menurunkan tingkat overdosis di kalangan pecandu heroin.

Bila pengguna napza memilik akses memperoleh Nalokson dan terlatih untuk menggunakan Nalokson, hal ini dapat mengurangi risiko kematian akibat overdosis.

Sampai saat ini sangat sedikit kota yang menyediakan Nalokson menyediakan pelatihan pencegahan overdosis bagi pengguna heroin.

Di banyak negara, Nalokson adalah obat resep dokter yang hanya boleh digunakan oleh dokter dan staf medis Unit Gawat Darurat (UGD).Secara medis, Nalokson tidak memiliki potensi adiktif, disisi lain Nalokson dapat mencegah kematian.

Film ini bermaksud meyakinkan dan menggerakkan para profesional, aktivis dan politisi untuk melenyapkan kendala-kendala pendistribusian Nalokson.(Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *