Berita Internasional

Perang Terhadap Narkoba di Meksiko Picu Pengungsian Ribuan Warga

Morello – Walikota Buenavista. Kamis (26/5) mengumumkan bahwa hampir 2.000 orang telah meninggalkan rumah mereka di negara bagian Michoacan di Meksiko barat akibat pertempuran antara gerombolan narkotika setempat dan pasukan keamanan.

“Sebanyak 1.870 warga lima desa di dekat kotapraja Buenavista telah meninggalkan rumah mereka sejak pertempuran meletus empat hari lalu, kata Wali Kota Buenavista Osvaldo Esquivel Lucatero, Jumat (27/5).

Militer dikerahkan dengan menggunakan helikopter ke daerah terpencil di negara bagian Meksiko barat tersebut, tempat warga setempat melaporkan mereka mendengar suara ledakan keras.

“Sekarang ada banyak tentara dan personel marinir di daerah tersebut,” kata juru bicara militer yang tak ingin disebutkan jatidirinya, Kamis.

Kendati pertempuran berlangsung sengit, hanya satu mayat, yang diduga anggota gerombolan narkotika, telah ditemukan, selain enam senjata.

Namun beberapa surat kabar setempat melaporkan sedikitnya tiga orang tewas.

Pemerintah mendirikan tempat penampungan pengungsi buat banyak keluarga di Buenavista, setelah terjadi dua pengungsian besar-besaran akibat bentrokan militer dan anggota kartel dalam waktu kurang dari satu tahun.

Sebelumnya beberapa ratus orang meninggalkan rumah mereka di Ciudad Mier, bagian timur-laut Meksiko, November 2010 lalu.

Kartel narkotika La Familia menguasai Michoacan, tapi tidak jelas apakah bentrokan tersebut disebabkan oleh pertikaian di dalam gerombolan itu atau dengan kelompok lain, seperti Zetas yang melebarkan sayap ke seluruh Meksiko.

“Sementara itu, jumlah korban jiwa akibat bentrokan sengit gerombolan narkotika di satu jalan raya pada Rabu (25/5) di Nayarit, negara bagian di Pasifik, sekitar 500 kilometer di sebelah utara, naik dari satu jadi 29,” kata pemerintah pada Kamis.

Sejak 2006 silam pemerintah Meksiko melancarkan perang terhadap narkoba, dan kebijakan ini telah menewaskan sedikitnya 37.000 warga sipil, militer dan polisi akibat konflik tersebut.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *