Berita Internasional Kebijakan Global

Perang Narkoba Meksiko, Enam Tewas di Tempat Pencucian Mobil

milisi kartel narkoba Meksiko

Culiacan – Sekelompok pria bersenjata menyerbu sebuah tempat cuci mobil di bagian barat-laut Meksiko dan menembak mati enam orang.

Menurut sumber kepolisian negara bagian Sinaloa, lima korban adalah pegawai tempat cuci mobil tersebut di kota pantai Mazatlan dan seorang lagi tampaknya adalah seorang pelanggan.

Di tempat terpisah, dalam satu serangan serupa, 15 pemuda, kebanyakan adalah pecandu narkotika yang mulai pulih, ditembak hingga tewas di satu tempat cuci mobil di negara bagian Nayarit pada Oktober lalu.

Peristiwa itu terjadi di tengah gelombang kerusuhan brutal yang meningkat antara kelompok yang diduga sebagai gerombolan pedagang narkotika di seluruh Meksiko.

Para pejabat menuduh gerombolan narkotika tangguh sebagai pelaku lebih dari 12.000 pembunuhan pada 2010, dan 30.000 pembunuhan sejak 2006 di negeri tersebut.

Serangan mamatikan telah meningkat sejak Presiden Felipe Calderon memerintahkan penindasan militer terhadap semua organisasi kriminal setelah ia memangku jabatan pada Desember 2006.(Ant)