Berita Internasional Kebijakan Global

Perang Melawan Narkotika, Meksiko Kerahkan 8000 Tentara

Patroli Militer Meksiko di Ciudad Juarez

Mexico City – Pemerintah Meksiko mengirim 8.000 tentara tambahan ke daerah timur laut yang dilanda aksi kejahatan menyusul serangkaian pembunuhan berkaitan kartel narkotika pada hari libur.

“Pasukan tambahan ini akan dikerahkan ke beberapa kota di sepanjang perbatasan dengan negara bagian Texas, Amerika Serikat serta bagian selatan negara bagian Tamaulipas di pantai Teluk timur laut,” kata juru bicara militer Jose Juarez kepada AFP.

Setidaknya 11 orang tewas awal pekan ini akibat kekerasan menyangkut narkotika di Meksiko utara.  Tentara juga menemukan 13 mayat di satu truk di Tamaulipas.

Para penyelidik mengatakan pembunuhan-pembunuhan itu ada kaitannya dengan ditemukan 10 mayat di kota Tampico Alto, negara bagian Veracruz, dan serangan-serangan oleh kelompok orang bersenjata pekan lalu terhadap tiga bus yang menewaskan 16 orang.

Lebih dari 45.000 orang tewas akibat kekerasan sejak pemerintah melancarkan tindakan keras di seluruh negara itu terhadap kartel-kartel obat bius yang berpengaruh lima tahun lalu.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *