Berita Berita Internasional

Penyelundupan Ganja Meksiko ke AS Gunakan Lorong Bawah Tanah

Lorong Ganja San Diego Foto: fox5

San Diego – Lebih dari 20 ton ganja disita menyusul penemuan sebuah lorong abawah tanah yang dilengkapi peralatan canggih. Lorong bawah tanah tersebut digunakan untuk menyelundupkan NAPZA antara Meksiko dan San Diego.

Penemuan ini diikuti oleh penemuan lorong kedua dalam wilayah yang sama dalam waktu kurang dari sebulan, demikian diumumkan pejabat setempat (26/11).

Lorong yang baru ditemukan Kamis pagi (25/11) tersebut memiliki panjang setengah mil, terbentang antara sebuah rumah di Tijuana dan berakhir di sebuah gudang di Otay Mesa.

Patroli perbatasan pemerintahan federal Amerika Serikat, satuan narkotika, departemen imigrasi yang bergabung dalam Pasukan Penyelidikan Lorong Bawah Tanah menahan delapan tersangka. Lima orang ditahan di wilayah perbatasan AS-Meksiko, sementara tiga orang ditahan ditahan di wilayah AS.

Lorong bawah tanah tersebut memiliki dua pintu masuk di wilayah AS yaitu sebuah gudang yang berjarak 2.4 km  dari gudang pertama di Otay Mesa. Kedalaman lorong diperkirakan sekitar 27 meter dan akan berakhir di Tijuana di sebuah hunian dengan garasi luas yang mampu menampung truk-truk besar, jelas seorang agen. Didalamnya, dinding lorong dilapisi dengan panel kayu dan jalan keluar lorong dilengkapi dengan rel, listrik dan sistem ventilasi.

Satuan penyelidik mengadakan penyelidikan di area Otay Mesa pada Kamis (25/11) ketika mereka mendapati aktivitas mencurigakan yang dilakukan sebuah traktor trailer yang diparkir dekat sebuah gudang di Marconi Drive. Para agen federal melacak kendaraan tersebut, dan mendapati keberadaan 13.8 ton ganja didalamnya.

Penemuan ini kembali menunjukkan keputusasaan para kartel NAPZA menghadapi ketatnya penjagaan di perbatasan. Pembangunan lorong bawah tanah ini dilakukan untuk mencegah deteksi pihak keamanan, demikian keterangan Miguel Unzueta, agen khusus yang menangani keamanan dalam negeri di wilayah San Diego.

Awal bulan November, agen federal AS mencatat sitaan ganja terbesar di AS ketika mereka mendapati 20 ton ganja yang diselundupkan ke AS melalui lorong lain yang menghubungkan perbatasan California dan Meksiko. Pemerintah Meksiko menyita lebih dari empat ton ganja dari sebuah gudang di selatan perbatasan.

Jalan rahasia tersebut memiliki panjang enam kali lapangan bola dan memiliki sistem pencahayaan, ventilasi dan rel untuk mengirimkan NAPZA ilegal dari Meksiko ke California. Pejabat setempat menekankan  bahwa penyelidikan tentan lorong ini terus berlangsung. Selama empat tahun terakhir, pejabat federal AS telah mendeteksi lebih dari 75 lorong bawah tanah yang digunakan untuk menyelundupkan NAPZA, kebanyakan berlokasi di California dan Arizona.(latm/YS)