Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Penyediaan Ganja Medis di Ontario Akan Dipermudah

Toronto, NapzaIndonesia.com – Pemerintah Kanada telah menjajaki beberapa opsi pada Rabu (13/4) setelah seorang hakim Pengadilan Tinggi Ontario memerintahkan pemerintah Kanada untuk memperbaiki UU Ganja Medis untuk memudahkan pasien mendapatkan pengobatan.

Penanaman, kepemilikan dan distribusi ganja masih ilegal di Kanada, tetapi pemerintah telah memerintahkan pengadilan 10 tahun lalu agar memperbolehkan ganja untuk kepentingan medis bagi pasien yang telah mendapat rekomendasi dokter.

Di Ontario minggu ini, hakim berpihak pada seorang pria yang membutuhkan ganja untuk pengobatan. Pria tersebut memperjuangkan haknya yang terenggut, ia terpaksa menggunakan ganja secara ilegal karena tidak dapat menemukan dokter yang mau meresepkan ganja medis.

Pemerintah Kanada seakan-akan memanfaatkan situasi kekurangan dokter pendukung program ganja medis sebagai salah satu cara membatasi pasien yang mengaksesnya, ungkap Hakim Donald Taliano, salah seorang hakim di Pengadilan Tinggi Ontario.

“Bukannya meningkatkan taraf kesehatan, regulasi ganja medis Kanada menghasilkan dampak yang tak diinginkan. Seharusnya regulasi tersebut meningkatkan efektifitas pengaturan napza, tetapi justru mengakibatkan para pasien harus mencari ganja di pasar gelap,” tulis Hakim Taliano dalam sebuah dokumen setebal 109 halaman.

Mayoritas dokter di Kanada tidak akan memberikan resep ganja medis untuk mengobati nyeri kronis dan penyakit kronis lain karena meragukan keamanan dan efek terapeutiknya. Para dokter khawatir akan melanggar sumpah kedokteran untuk tidak membahayakan pasien.

Hakim Taliano memberi waktu 3 bulam pada pemerintah Kanada untuk mengubah UU Ganja Medis, bila tidak maka UU tersebut akan gugur karena dianggap inkonstitusional. Menurut bebearapa aktivis legalisasi ganja medis, langkah Taliano akan secara efektif melegalkan kepemilikan ganja.

“Pemerintah Kanada sedang mempertimbangkan keputusan dan pilihan-pilihan yang akan diambil,” ungkap seorang pejabat Departemen Kesehatan Kanada pada Rabu (13/4).

Hakim Taliano juga membatalkan tuntutan hukum atas pria pasien ganja medis yang ditahan sehubungan dengan kepemilikan ganja ilegal.

Surat perintah Hakim Taliano hanya berlaku untuk penegak hukum di Ontario, tetap dapat digunakan untuk mendukung perubahan yang serupa di provinsi-provinsi lain di Kanada.(huft/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *