Berita Nasional Kegiatan

Pengguna Narkoba di Indonesia 5 Juta Orang

Bogor – Yayasan Kesatuan Peduli Masyarakat (KELIMA) Jakarta menyebutkan bahwa jumlah pengguna narkoba di Indonesia mencapai 5 juta orang.

Kepala Bidang Medis KELIMA Bambang Eka Purnama Alam mengatakan bahwa jumlah pengguna narkotika akan semakin bertambah jika pencegahan sejak dini tidak dilakukan.

Pernyataan ini disampaikan saat acara sosialisasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika di Megamendung, Bogor, Jawa Barat seperti diberitakan Antara pada Minggu (29/4).

Menurut Bambang, maraknya peredaran narkotika di Indonesia dikarenakan kesdaran masyarakat akan bahaya penggunaan narkotika masih kurang.

“Banyak masyarakat yang terjerat narkotika ini awalnya pemakai, lalu mengedarkan, dan sampai menjadi pemasok,” ujarnya. Menurutnya, masyarakat juga tidak tahu perbedaan antara pemakai, pecandu, pengendar dan pemasok narkoba.

Bambang menyebutkan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk penguatan jejaring pemulihan adiksi pecandu narkoba. “Harapannya, kedepan masyarakat memiliki kesempatan yang luas untuk berperan dalam membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba di Indonesia,” imbuhnya.

Bambang menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan advokasi pidana narkotika. Bagi pengguna narkotika akan diarahkan untuk menjalani rehabilitasi, sedangkan pengedar dan penjual akan berhadapan dengan hukum. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *