Advokasi Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Nasional

Pengguna Napza Berhak Mendapatkan Layanan Kesehatan

Jakarta– Pecandu narkoba atau pengguna napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) di Indonesia merupakan bagian dari anak bangsa Indonesia yang harus diselamatkan dari dampak buruk peredaran gelap narkotika.

Karenanya pengguna napza di Indonesia harus mendapatkan hak atas layanan kesehatan yang wajib disediakan negara, demikian disampaikan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Dr. Nafsiah Mboi, di Jakarta, Selasa (22/5) pagi.

“Pecandu itu anak-anak kita, yang juga merupakan anak bangsa yang harus diselamatkan dari dampak buruk pengunaan narkotika,” terang Nafsiah Mboi saat pembukaan Pelatihan untuk Kepolisian dan Penasun Dalam Pelaksanaan PP Wajib Lapor yang berlangsung di Hotel Santika TMII, Selasa (22/5).

Menurut Nafsiah Mboi, pengguna napza juga berhak mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan humanis, sehingga kecanduan yang dialaminya dapat dipulihkan.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti para petugas kepolisian, BNN dan komunitas advokasi pengguna napza dari 33 kota se-Jawa.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *