Kegiatan

Pengetahuan Konseling Adiksi Perlu Bagi Petugas Penjangkau

Pelatihan Konseling Adiksi Jawa Tengah & DIY

Bandungan – Pelatihan konseling adiksi untuk para penjangkau komunitas pengguna NAPZA di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Nugraha Wisata Bandungan, Kabupaten Semarang.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh HIV Cooperation Program for Indonesia (HCPI) ini diikuti oleh 35 peserta dari berbagai instansi yang menangani masalah adiksi di Jawa Tengah, yaitu perwakilan Dinas Kesehatan Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi dan Puskesmas penyedia layanan pengurangan dampak buruk penggunaan NAPZA atau Harm Reduction.

Beberapa petugas penjangkau dari LSM yang menangani Harm Reduction juga dilatih konseling untuk masalah adiksi. Petugas penjangkau yang dilatih adalah mitra HCPI dari Solo, Salatiga, Semarang, Temanggung, Purwokerto dan Yogyakarta.

Tujuan dari pelatihan ini adalah membekali pertugas yang langsung berhadapan dengan pengguna NAPZA di lapangan dengan pengetahuan konseling untuk adiksi. Beberapa anggota Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI) dihadirkan sebagai fasilitator dalam pelatihan ini.

Dalam pelatihan selama tiga hari, tanggal 19 sampai 21 Juli 2011 ini dibagi menjadi dua kelas dengan materi pelatihan berupa motivasi perubahan perilaku. Perwakilan HCPI, dr. Robert Kosasih, membuka acara pelatihan dan turut hadir selama tiga hari di Bandungan. (Ton/IH)