Berita Internasional Peristiwa

Pengawasan Darat Ketat, Narkotika Meksiko-AS Diselundupkan Lewat Terowongan

Meksiko

Mexico City – Dua terowongan bawah tanah dengan desain canggih ditemukan di dekat perbatasan Meksiko. Terowongan ini diduga dibangun untuk menyelundupkan narkotika ke Amerika Serikat (AS).

Petugas militer Meksiko menemukan terowongan pertama pada Rabu (11/7), bermula dari wastafel di sebuah rumah gudang di Tijuana, dalam kondisi yang belum selesai dikerjakan.

Terowongan kedua berawal dari sebuah pabrik es di kota San Luis Rio Colorado, Meksiko dan berakhir di ruang penyimpanan sebuah rumah San Luis, Arizona.

Menurut seorang agen AS terowongan dengan kedalaman 16 meter berlapis kayu ini bukan terowongan yang biasa digunakan oleh para penambang.

Seorang Agen dari DEA, Douglas Coleman memperkirakan biaya pembangunan terowongan ini mencapai Rp14 miliar. Agen anti narkotika memperkirakan bahwa terowongan ini sudah tidak beroperasi lagi karena jejak yang ditemukan di lantai tidak banyak.

Penyelundupan narkotika ke AS lewat terowongan dilakukan sejak 1990-an dan sejak pemerintah AS memperketat pengawasan terhadap penyelundupan darat, aktivitas penyelundupan melalui terowongan ini kian meningkat. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *