Berita Internasional Riset

Penelitian: THC Dapat Merusak Memori Otak dan Mengganggu Neuron

Paris, NapzaIndonesia.com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh kelompok peneliti Perancis dan Kanada, menemukan bahwa zat psikoaktif yang terkandung pada ganja, dapat merusak memori otak dan menimbulkan gangguan pada neuron.

Giovanni Marsicano, peneliti dari National Institute de la Santé et de la Recherche Médicale (INSERM) Perancis, menyebutkan bahwa tetrahydrocannabinol (THC) yang terkandung dalam ganja berhubungan dengan memori dan neuron.

“Sel-sel astroglial adalah titik awal penemuan dalam fenomena ini,” kata Marsicano dalam publikasinya di jurnal Cell Press.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa sel astroglial atau dikenal dengan astrosit ini diketahui merupakan sel yang memainkan peran aktif dalam membentuk koneksi antar neuron. “Sel ini mendukung, melindungi dan memberi makan neuron pada 100 sampai 150 tahun terakhir,” imbuhnya.

Namun demikian, kemungkinan pemanfaatan ganja untuk pereda nyeri, kejang dan penyakit lain tanpa menyakiti memori sedang diupayakan oleh Marsciano bersama dengan Xia Zhang dari University of Ottawa Kanada.

“Kami mungkin akan menemukan cara untuk mengatasi masalah kerja memori dalam kasus Alzheimer,” kata Zhang.

Para peneliti ini berharap dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai nafsu makan, nyeri, suasana hati, memori, dan fungsi lain yang dipengaruhi oleh aktivitas endogen endocannabinoids. (ant/Ira Hapsari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *