Berita Internasional Riset

Penelitian di Kanada: Peredaran Heroin Menurun Drastis, Ekstasi Meningkat Tajam

Montreal – Sebuah laporan yang dirilis oleh United Nation (UN) pada Selasa (28/2) menyebutkan bahwa Kanada merupakan salah satu negara produsen dan eksportir ekstasi terbesar di dunia. Ekstasi juga menjadi penyebab lebih dari selusin kematian di Kanada.

Laporan yang dirilis oleh Narcotics Control Board pada tahun 2011 juga menunjukkan tingkat kematian terkait dengan penggunaan ekstasi di Kanada bagian barat, yaitu di British Columbia dan Alberta.

Hasil pemeriksaan medis di wilayah barat provinsi Alberta melaporkan bahwa telah terjadi 10 kematian akibat mencampur ekstasi dengan NAPZA lain. Demikian pula yang dilaporkan oleh pemeritah daersh provonsi British Columbia, bahwa terjadi lima kematian terkait penggunaan ekstasi dalam kurun waktu enam bulan.

“Kanada merupakan pemasok utama ekstasi ke Amerika Serikat, dengan ada beberapa campur tangan pejabat pemerintah dalam penyelundupan ekstasi ke Amerika Serikat dan sebaliknya,” ujar salah satu anggota dewan.

International Narcotics Control Board merupakan badan pengawasan independen dan quasi-peradilan yang dituntut melaksanakan perjanjian internasional mengenai kontrol terhadap obat-obatan oleh PBB.

Catatan kasus di kepolisian menunjukkan bahwa perdagangan ekstasi dari Kanada ke Amerika Serikat meningkat dua kali lipat pada kurun waktu 2007-2008. Perdagangan ekstasi di Kanada juga mulai ekspansi jalur menuju wilayah Asia, Meksiko dan Kepulauan Karibia pada kurun waktu tersebut.

Pada tahun 2009, laporan UN mengidentifikasi Kanada sebagai produsen besar ekstasi, yang kemungkinan akan dipasarkan sebagai MDMA atau disebut “Molly”. Sasaran utama peredaran ini adalah pasar gelap Kanada namun semakin meluas hingga Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Selandia Baru.

Pada pertengahan Februari, Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengeluarkan peringatan kepada publik untuk memerangi ekstasi dan NAPZA sintetis lainnya. Dikeluarkannya peringatan ini bertujuan untuk mengatasi dan mencegah meluasnya peredaran NAPZA sintetis di Kanada.

RCMP membuat peringatan yang berisi bahwa ekstasi yang diproduksi di laboratorium sederhana dengan bahan kimia beracun, “terutama oleh orang-orang terkait dengan kejahatan terorganisasi dan tanpa kontrol kualitas.”

Laporan ini juga menyoroti tentang peredaran kokain di Kanada yang mengalami penurunan drastis pada tahun 2010 menjadi 1.131 kilogram, dibandingkan dengan tahun 2005 yang mencapai 2.352 kilogram. Sedangkan jumlah kokain yang disita oleh penegak hukum yang masuk ke Kanada dari Amerika Serikat meningkat dua kali lipat.

Peredaran marijuana meningkat drastis menjadi hampir 95,5 ton pada tahun 2010 dari 1,2 ton pada tahun sebelumnya. Heroin konsumsi di Kanada diperkirakan sebesar 1,2 ton pada tahun 2009. Namun, dari 2005 sampai 2010, menurun sampai 83 kilogram.(IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *