Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Nasional Riset

Peneliti: Ganja Paling Banyak Digunakan Pertama Kali Para Remaja

Agus Dwi Setyawan

Semarang – Ganja ternyata menempati urutan tertinggi, saat anak usia remaja pertama kali mencoba-coba menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (napza).

Penggunaan ganja dengan cara dihisap seperti rokok telah memicu rasa ingin tahu remaja untuk kemudian mencoba menggunakannya.

“Kebiasaan merokok di sembarang tempat yang dilakukan orang-orang dewasa, telah memicu para remaja untuk melakukan hal serupa,” terang Agus Dwi Setyawan, peneliti kesehatan masyarakat Universitas Indonesia (UI), di Semarang, Selasa, (10/4).

Menurut Agus, pihaknya, menemukan fakta kisaran 19 persen penggunaan ganja dalam taraf coba-coba, sebelum mereka menggunakan napza jenis lain seperti shabu, putaw, dan ekstasi.

Agus Dwi juga mengatakan ada baiknya larangan merokok di sembarang tempat benar-benar ditegakkan, jika ingin benar-benar menyelamatkan generasi muda dari bahaya penggunaan napza.

Temuan ini merupakan hasil survey yang dilakukan dalam rentang waktu 2006, 2009 dan 2011. Penelitian yang dilakukan ini melibatkan 42.000 lebih responden berstatus pelajar hingga mahasiswa di 16 provinsi.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *