Berita Lembaga Kebijakan Daerah

Pencanangan Program Bebas Narkoba di Rutan Ambon

Lembaga Pemasyarakatan

Ambon – Guna mengantisipasi penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) di dalam penjara, Rumah Tahanan (Rutan) Ambon mencanangkan program bebas narkotika di penjara.

“Program ini dicanangkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan rutan,” papar Kepala Rutan Ambon, Saiful Sahri, di Ambon, Kamis (28/1).

Saiful Sahri mengatakan, program ini dicanangkan berdasarkan komitmen bersama seluruh petugas dan warga binaan Rutan Ambon.

“Komitmen ini diharapkan bisa ditindaklanjuti bersama seluruh petugas dan warga binaan, sehingga Rutan Ambon terbebas dari peredaran dan penggunaan narkoba,” imbuhnya.

Saiful Sahri menginstruksikan seluruh jajaran untuk memperhatikan beberapa hal yakni, petugas pengaman pintu utama (P2U) wajib menggeledah tamu serta barang bawaannya saat melakukan kunjungan, dengan tetap mengedepankan etika dan sopan santun.

“Pemeriksaan juga dilakukan terhadap setiap petugas yang membawa tas atau barang yang dicurigai rawan keamanan, terutama yang melakukan tugas ke dalam blok hunian,” ujar Saiful.

Selain itu kepala satuan pengamanan, wajib melakukan pengawasan waktu kunjungan di ruang kunjungan tahanan, dan koordinator serta petugas blok wajib memeriksa setiap barang yang masuk ke dalam blok, terutama barang milik narapidana kasus narkoba.

Ia mengatakan, narapidana juga dilarang mendatangi blok hunian narapidana lain tanpa ijin petugas.

Ditambahkannya, jika seluruh elemen petugas yang mengetahui dan menemui pengunaan dan peredaran gelap narkoba di rutan segera mengambil langkah pengamanan tegas agar tidak meluas.

“Seluruh petugas juga diharapkan menyatukan persepsi untuk memerangi peredaran narkoba, demi terciptanya kehidupan rutan Ambon yang aman, tertib, nyaman dan bermartabat,” katanya.(Ant)