Berita Daerah

Penasun Kota Semarang Kesulitan Mengakses Jarum Suntik Steril

Semarang, NapzaIndonesia.com – Pengguna napza suntik (penasun) di kota Semarang saat ini mengeluhkan kelangkaan persediaan jarum steril. Beberapa penasun kota Semarang menyampaikan informasi ini kepada NapzaIndonesia.com pada Jumat (13/4) pekan lalu.

“Biasanya kami memperoleh jarum suntik steril dari petugas lapangan, karena untuk mengambil langsung di Puskesmas masih tidak nyaman,” ujar AR, salah satu penasun kepada NapzaIndonesia.com.

Layanan jarum suntik steril yang termasuk dalam layanan dampak buruk penggunaan napza suntik atau Harm Reduction di kota Semarang, saat ini dilaksanakan oleh Puskesmas dan LSM Graha Mitra Semarang.

Saat dikonfirmasi mengenai distribusi jarum suntik kepada penasun, Direktur LSM Graha Mitra dr Lies Agustin mengatakan bahwa pihaknya sebagai pelaksana program Harm Reduction saat ini masih berdiskusi internal untuk mencari solusi.

“Kami masih baru dalam program Harm Reduction sehingga masih perlu banyak diskusi dan masukan. Saat ini kami mengupayakan pelibatan komunitas penasun dalam menjalankan program Harm Reduction,” katanya saat dihubungi melalui telepon.

Menurut Lies, saat ini lembaga yang dipimpinnya masih dalam tahap pemetaan partisipasi populasi penasun di kota Semarang. Pemetaan ini dilakukan berdasarkan 16 kecamatan dengan empat petugas lapangan.

Mengenai kelangkaan jarum, Puskesmas sebagai penyedia layanan alat suntik steril bagi penasun masih belum dapat dikonfirmasi. (Ira Hapsari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *