Advokasi Berita Daerah Berita Lembaga Kebijakan Daerah

Penasun Butuh Kenyamanan Mengakses Jarum Suntik Steril di Puskesmas

Semarang РKenyamanan saat mengikuti program Layanan Jarum Alat Suntik Steril (LJASS) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sangat dibutuhkan bagi para pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif  (napza) suntik di Kota Semarang.

Kenyamanan ini dapat dirasakan jika para pengguna NAPZA jarum suntik (penasun) merasa aman dan tidak was-was disaat mereka mengikuti program layanan kesehatan dari pemerintah tersebut.

Atas dasar inilah Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Semarang berinisiatif mempertemukan komunitas pengguna napza dengan perwakilan dari tiga kelurahan yang berada di wilayah Puskesmas Padangsari, Camat Padangsari dan aparat Kepolisian Sektor Banyumanik.

Adapun pertemuan ini terkait dengan penunjukan Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan dan layanan jarum alat suntik steril (LJASS).

“Hal ini bertujuan untuk saling memberikan pengertian dan pemahaman kepada semua pihak guna mengurangi penularan HIV pada komunitas pengguna napza,” papar Ketua KPA Kota Semarang, dr. Titik Rahayu, M.Kes.

Kepada NapzaIndonesia.com, Koordinator Lapangan Lembaga Pelopor Perubahan (Korlap LPP) Abdul Fani mengungkapkan seringkali para penasun merasa was was jika ingin mengakses layanan pemerintah di Puskesmas.

“Perasaan was was ini muncul karena para penasun takut ditangkap polisi saat mereka mencoba mengakses layanan jarum suntik steril dan layanan metadon di puskesmas yang telah ditunjuk Dinas Kesehatan Kota,” ungkap Abdul Fani, Selasa (10/8) siang disela-sela pertemuan antara komunitas pengguna napza dengan para pemangku kebijakan dan tokoh masyarakat di Kantor Camat Banyumanik, Semarang.

“Informasi yang jelas dan edukasi yang cukup bagi para penasun sangat penting di dalam membangun kepercayaan dan rasa nyaman,” imbuh Abdul Fani.

Sejak pertengahan 2009 lalu, Dinas Kesehatan Kota Semarang telah menunjuk empat Puskesmas sebagai penyedia layanan jarum suntik steril ini. Adapun keempat Puskesmas tersebut masing-masing Puskesmas Pegandan, Puskesmas Srondol, Puskesmas Padangsari dan Puskesmas Poncol.(IH/G)