Berita Nasional Peristiwa

Pemukulan Sipir Lapas Dalam Sidak Wamenkum HAM

Rumah Tahanan

Jakarta – Kejadian pemukulan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekanbaru, saat sejumlah anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan inpeksi mendadak pada Senin (2/4), saat ini menjadi perhatian Ketua Komisi II DPR Agun Ginandjar.

“Saya mengecek ke berbagai pihak, keke sana kemari, dapat informasi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan itu benar adanya,” kata Agun seperti diberitakan Kompas, Selasa (3/4).

Pemukulan yang dilakukan oleh Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) saat inspeksi mendadak ini, kronologisnya telah ditulis oleh Kepala Lapas Pekanbaru dan dilaporkan kepada Dirjen Pemasyarakatan oleh Kantor Wilayah Kemenkum HAM Riau, Jhoni Muhammad.

Dalam laporan tersebut disebutkan dalam kronologi kedatangan Wakil Menteri, Denny Indrayana, masuk dan langsung menampar Komandan Petugas Pintu Utama (P2U) Darso Sihombing. Seseorang yang diduga ajudan Wakil Menteri kemudian menendang Darso Sihombing sampai terpental ke dinding mengakibatkan tangan kanannya terluka.

Denny menanyakan nama tiga petugas Lapas, siapa saja yang bertugas lalu meminta supaya pintu kamar dibuka. Karena petugas yang menyimpan kunci bernama Maslan sedang tidak bertugas, salah satu petugas jaga bersama dengan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bersenjata lengkap menjemput Maslan dirumahnya.

Denny memerintahkan untuk mengumpulkan telepon selular semua petugas jaga dan melakukan tes urine pada tiga wargha binaan. Rombongan BNN ini juga memeriksa kamar, poliklinik dan menemukan beberapa telepon selular.

Dalam kronologis tersebut juga disebutkan bahwa Denny sempat meminta maaf atas pemukulan pada dua petugas Lapas. Setelah itu rombongan Denny berdasarkan  BNN membawa tiga warga binaan dan satu petugas Lapas berinisial KS atas dugaan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *