Berita Lembaga Berita Nasional Data Kebijakan Daerah

Pemprov Bali Imbau Warga Hentikan Merokok Sehari Penuh

Bali
Bali

Denpasar -Terkait peringatan Hari Tanpa Tembakau se-Dunia yang jatuh pada 31 Mei ini, Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan surat edaran yang isinya mengimbau seluruh masyarakat agar menghentikan kegiatan merokok selama sehari penuh.

Kepala Biro Humas Pemprov Bali Ketut Teneng mengatakan surat edaran dengan nomor 440/2047/B.Kesra ini ditujukan kepada Bupati/Wali Kota se-Bali, pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), lembaga, jawatan, TNI dan Polri hingga instansi swasta se-Bali.

“Pada intinya kami mengimbau agar seluruh komponen berperan aktif dalam menyukseskan peringatan Hari Tanpa Tembakau se-Dunia dengan menghentikan kegiatan merokok pada hari tersebut,” terang Ketut Teneng, Rabu (29/5).

Selain itu, imbauan untuk menghentikan kegiatan merokok ini sejalan dengan pelaksanaan Perda Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Dalam Perda KTR, pada prinsipnya tidak melarang orang merokok tetapi hanya mengatur tempat di mana orang tidak boleh merokok,” imbuh Ketut Teneng.

Untuk diketahui, ada sebanyak tujuh kawasan yang masuk dalam kategori KTR yakni, tempat pelayanan kesehatan, tempat pendidikan, tempat bermain anak, kendaraan atau angkutan umum, kantor pemerintah dan swasta, tempat umum dan tempat ibadah.

Pelaku pariwisata di Bali selama ini pun tidak mempermasalahkan pemberlakuan Perda KTR, karena sebelum ada perda itu industri pariwisata sudah menerapkan kawasan tertentu yang bebas dari paparan asap rokok.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *