Berita Nasional Kebijakan Daerah

Pemkot Pekalongan Bongkar Videotron Iklan Rokok

Pekalongan – Sebagai bentuk komitmen terhadap Peraturan Walikota Nomor 36 tahun 2011 tentang Larangan Iklan Rokok di wilayah Pekalongan, Pemerintah Kota (Pemkot) setempat membongkar videotron yang menayangkan iklan rokok.

“Pembongkaran akan dilakukan oleh biro reklame salah satu perusahaan rokok itu. Pemkot hanya sebatas mengawasi pembongkaran videotron tersebut,” ujar Suseno, Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Pekalongan, seperti diberitakan Antara, Rabu (20/6).

Menurutnya, pembongkaran ini dilakukan setelah permohonan perpanjangan ijin penayangan reklame rokok ditolak oleh Pemkot. Ia mengatakan bahwa seharusnya perjanjian kerjasama antara Pemkot dengan biro reklame baru berakhir pada 2014 mendatang.

“Dalam isi perjanjian tersebut setelah masa kerja sama berakhir maka videotron itu tidak menjadi milik pemkot. Oleh karena itu, dari salah satu pertimbangan tersebut maka akhirnya diputuskan videotron dibongkar,” terangnya.

Pembongkaran videotron ini menurut Suseno menyebabkan Pemkot kehilangan pendapatan hasil pajak iklan sebesar Rp78,1 juta per tahun. (IH)