Berita Internasional

Pemimpin Kartel Narkoba Meksiko Ditangkap

Mexico City – Kementerian Keamanan Masyarakat Meksiko, Selasa (18/1) mengumumkan bahwa kepolisian Meksiko telah menahan seorang pemimpin dan pendiri kelompok obat bius “Zetas” yang terkenal kejam di Meksiko Selatan.

Kepala Bagian Anti Narkoba Kepolisian Federal Mexico City, mengatakan bahwa Flavio Mendez berada dalam daftar 37 penjahat yang paling berbahaya di Meksiko. Kepala pria yang dijuluki “The Yellow One” ini dihargai senilai 15 juta peso atau sekitar satu juta Euro.

Menurut Ramon Pequeno, Flavio Mendez, dianggap bertanggungjawab atas Zetas di Meksiko selatan, mengkoordinasikan perdagangan obat bius dan imigran yang tak memiliki dokumen dari Amerika tengah dan selatan.

Zetas mulai sebagai paramiliter yang telah bekerja selama beberapa dasawarsa pada geng obat bius “Gulf” pada 1990-an, dengan siapa mereka sekarang bersaing keras.

Kelompok itu terlibat dalam penculikan imigran, pemerasan, perampokan bahan bakar dan bentrokan keras dengan bekas majikan mereka dan kelompok lain di Meksiko Timur Laut.

Sejak 2006, sebanyak 34.612 orang telah tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras terhadap geng narkoba yang sangat kuat di negara itu, yang melibatkan puluhan ribu tentara dan polisi.

Dalam pekan ini saja sedikitnya 12 orang telah tewas di negara bagian Nuevo Leon di Meksiko utara, termasuk lima yang tidak sah dalam bentrokan dengan militer di Monterrey, sementara lima mayat tanpa kepala ditemukan di selatan kota itu.

Sedangkan dua mayat pria ditemukan di tempat lainnya di kota dan pusat ekonomi di Meksiko utara, dengan sekitar empat juta penduduk itu, yang telah menyaksikan ledakan kekerasan obat bius dalam setahun terakhir yang dipersalahkan pada Zetas dan geng “Gulf“.

Lima mayat tanpa kepala itu, yang belum diidentifikasi, ditemukan di kota Mantemorelos, sekitar 60 kilometer di selatan Monterrey.(Ant)