Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Pemerintah Skotlandia Sediakan Paket Nalokson Untuk Pecandu Heroin

Edinburgh – National Health Service (NHC), atau pusat layanan kesehatan di Skotlandia kini menyediakan perlengkapan penanganan over dosis bagi pengguna heroin untuk mengurangi angka kematian akibat over dosis. Paket perlengkapan ini disediakan oleh NHC untuk dibawa pulang.

Penyediaan paket ini merupakan bagian dari program nasional pemerintah Skotlandia untuk meningkatkan ketersediaan nalokson, obat untuk mengatasi over dosis heroin.

Cara kerja naloxone adalah dengan menyuntikkan zat ini untuk menghentikan efek opiat sehingga dapat mencegah over dosis.

“Sederhananya, tujuan dari program ini adalah untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Kami banyak mendengar dari keluarga dan teman-teman yang pernah mengalami kehilangan orang-orang terdekat mereka karena over dosis,” kata dr Mike Kehoe, psikiater dari Borders Addiction Service.

Menurutnya, kejadian overdosis pada pengguna heroin bukan merupakan hal yang luar biasa karena sangat sering terjadi.

“Jenis napza dari golongan opiat menekan sistem pernapasan  sehingga menjadi lebih lamban, dan over dosis dapat menyebabkan sistem pernapasan berhenti sama sekali,” imbuhnya.

Kehoe juga menyampaikan bahwa banyak kasus over dosis yang berujung kematian karena petugas medis tidak memungkinkan tiba di tempat kejadian pada waktunya.

“Naloxone memang hanya sementara mampu mengatasi efek opiat, namun paling tidak dapat memperpanjang waktu sampai petugas medis tiba di tempat,” imbuhnya. (Ira Hapsari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *