Berita Internasional Peristiwa

Pemerintah Meksiko Tangkap Pimpinan Kartel Narkoba

Mexico CityJesus Rejon, salah satu anggota sindikat peredaran narkoba Meksiko yang membantu menemukan kartel narkoba Los Zetas dan diduga terlibat dalam serangan terhadap dua agen Pelaksana Imigrasi Pabean AS (ICE) yang berpusat di Meksiko , ditangkap.

Demikian pemberitahuan yang diumumkan oleh pemerintah Meksiko pada Senin (4/7). Menurut pernyataan Kementerian Keamanan Masyarakat (SSP) tersebut, Rejon (35) ditahan oleh Polisi Federal di Atizapan de Zaragosa, Mexico City bersama dengan personel Mexico City yang dibayar untuk memberikan perlindungan.

Rejon (35) bergabung dengan militer Meksiko pada 1993, namun membelot pada 1999 untuk bergabung dengan tentara lain yang memberi layanan keamanan untuk Kartel Teluk, salah satu kelompok kartel narkoba di Meksiko.

Kelompok mantan tentara itu menjadi terkenal dengan nama Los Zetas dan memisahkan diri dari Kartel Teluk tahun lalu, sehingga memicu gelombang kerusuhan di seluruh wilayah Timur Laut Meksiko.

Atas serangan yang terhadap agen ICE menewaskan agen khusus Jaime Zapata, yang sedang melakukan perjalanan bersama seorang agen lain melewati negara bagian San Luis Potosi di dalam kendaraan dengan nomor plat diplomatik, Februari lalu, Dinas Pengawasan Narkoba AS telah menawarkan hadiah lima juta dolar AS buat orang yang menangkap Rejon.

Menurut SSP, Rejon yang juga dikenal sebagai “El Mamito“, memikul posisi pimpinan terbesar ketiga di Los Zetas dan bertanggung jawab atas kegiatan kartel tersebut bagian tengah dan utara Meksiko.

Los Zetas juga dituduh melakukan dua pembunuhan massal di negara bagian Tamaulipas, Mexico timur-laut dan satu di provinsi perbatasan dengan Guatemala, Peten. Pada Senin (4/7) ini, pasukan Meksiko merebut satu kamp Zetas di Nuevo Leon, tempat mereka menemukan simpanan senjata, termasuk 18 senapan serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *