Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Pemerintah Federal AS Perintahkan Bank Mata-Matai Pengusaha Ganja Medis

Sacramento – Pemerintah Federal AS memicu kontroversi baru-baru ini ketika mereka memerintahkan bank-bank di wilayah pantai utara California untuk memata-matai transaksi klien yang dicurigai berbisnis ganja medis.

Dengan tujuan membatasi industri ganja di California, pemerintah Federal memerintahkan agar aktivitas mencurigakan tetap diawasi oleh bank. Bisnis ganja medis dilegalkan oleh UU negara bagian, tetapi ilegal menurut UU pemerintah Federal.

Walaupun pejabat DEA dan FBI tidak menyasar bisnis ganja medis secara spesifik, tetapi mereka mencari keberadaan bandar napza dan pelaku pencucian uang. Para pebisnis ganja medis juga menjadi target kecurigaan.

Bank-bank yang menerima perintah mengawasi transaksi ganja medis memilih untuk menutup rekening bank para klien, daripada harus menyelidiki dan melaporkan transaksi-transaksi.

Bank-bank yang beroperasi di wilayah pantai utara, termasuk Savings Bank, Wells Fargo, the Exchange Bank dan Ukiah Bank, seperti institusi finansial lainnya di Sacramento dan San Joaquin berjuang untuk melawan perintah pengawasan tersebut.

Aksi penegakan hukum tersebut adalah buah reputasi produksi ganja di pantai utara AS. Penegakan hukum yang dilakukan termasuk penahanan masyarakat yang memiliki bisnis ganja untuk keperluan medis yang sebenarnya dilindungi UU negara bagian California.

Penduduk California berhasil memenangkan Proposisi 215 pada 1996, yang melegalkan penggunaan ganja untuk keperluan medis bagi pasien-pasien yang mendapat rekomendasi dokter.(alt/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *