Advokasi Aktivitas Berita Nasional

Pelopor Gerakan Perubahan Kebijakan NAPZA Jalan Kaki Bandung-Jakarta

Ginan Koesmayadi

Jakarta –  Ginan Koesmayadi (31), pendiri Rumah Cemara, komunitas berbasis pengguna NAPZA dan orang terinfeksi HIV/AIDS, menuntaskan nazarnya untuk berjalan kaki Bandung – Jakarta. Ginan mencapai Jakarta sekitar pukul 20.00 WIB.

Nazar Ginan dilatarbelakangi oleh kebuntuan yang dihadapi Tim Sepakbola Rumah Cemara yang terpilih mewakili Indonesia di ajang sepakbola dunia The Homeless World Cup 2011 yang diadakan untuk kampanye perbaikan masalah tunawisma, kemiskinan, kurangnya akses terhadap pendidikan, NAPZA serta HIV/AIDS. Ketiadaaan respon pemerintah Indonesia dalam mendanai Tim Sepakbola Rumah Cemara mengancam kepastian keikutsertaan Ginan dan kawan-kawan.

Ginan menyerukan, bila ada pihak yang bersedia mendanai Tim Indonesia  sebesar 80% dari anggaran yang dibutuhkan, maka ia akan melakukan aksi jalan kaki Bandung- Jakarta. Sebagai jawaban atas harapan Ginan, sebuah perusahaan swasta Indonesia bersedia menanggung pembiayaan Tim Sepakbola Rumah Cemara untuk  berlaga di The Homeless World Cup di Paris pada 21-28 Agustus yang akan datang.

Kompetisi sepakbola yang melibatkan kaum marjinal ini  akan diikuti oleh 70 negara dan didukung oleh pemain legendaris Manchester United, Eric Cantona, Rio Ferdinand serta ujung tombak Chelsea, Didier Drogba.

Ginan sebagai kapten tim akan memimpin Tim Sepakbola Rumah Cemara yang terdiri dari  8 orang , 4 diantara mereka berstatus HIV positif,  sementara anggota tim lainnya adalah mereka yang berasal dari kaum miskin kota. Vokalis band Mood Altering ini mendirikan Ikatan Persaudaraan Pengguna NAPZA Indonesia (IPPNI), sebuah kelompok advokasi untuk perubahan kebijakan NAPZA pada 2006. IPPNI sekarang berubah nama menjadi Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI).

Ginan mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk mempelopori pengorganisasian pengguna NAPZA di wilayah Bandung. Upaya Ginan ini memicu tumbuhnya kelompok-kelompok advokasi berbasis pengguna NAPZA  di kota-kota lain di Indonesia. (YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *